Wednesday 27 January 2016

Waspadai Bahaya dan Efek Menggunakan Kosmetik Usia Muda




Banyak  wanita tidak lepas dari yang namanya produk kecantikan. Dari dulu, perawatan kecantikan memang tidak dapat dipisahkan dari seorang wanita. Mulai dari wanita karir, ibu rumah tangga, remaja, sampai pembantupun menggunakan yang namanya makeup. Hampir setiap hari sejumlah wanita memakai makeup dan perawatan kecantikan kulit lainnya untuk menutupi kekurangan dan  memperjelas kelebihannya agar terlihat lebih cantik. Oleh karena itu setiap wanita pasti mempunyai alat kecantikan meskipun itu hanya sebuah bedak.

Saat ini berbagai macam alat makeup dan kosmetik telah beredar luas di pasaran, baik itu yang aman sampai yang abal-abal. Semua usia dapat menjangkaunya dengan mudah.
Ironisnya, produk-produk kecantiakan bukan hanya dipakai oleh wanita dewasa tapi juga remaja. Mereka yang masih berusia belasan atau menduduki bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP) juga sudah menggunakan produk kecantikan itu. Seringkali kita menemui jika anak yang masih dalam usia tersebut sudah berdandan seperti layaknya orang dewasa dan menggunakan produk kecantikan lainnya. Para remaja telah menggunakan make up secara berlebihan tanpa berfikir efek yang akan ditimbulkan. Padahal penggunaan kosmetik pada usia dini tentunya akan memberikan dampak buruk pada penggunanya. Mau tahu apa saja bahayanya? Berikut ini beberapa efek yang ditimbulkan akibat penggunaan makeup pada usia dini.

1. Ketergantungan
Kosmetik yang digunakan secara terus-menerus tanpa memperhatikan kadar akan menimbulkan ketergantungan. Apalagi jika kosmetik tersebut berbahaya, ada baiknya Anda melakukan konsultasi ke dokter sebelum menentukan brand make up yang akan digunakan. Apalagi kondisi kulit masih terlalu muda, jadi masih sangat rentan untuk menggunakan kosmetik.

2. Iritasi dalam waktu yang lama
Penggunaan kosmetik pada usia dini bisa saja menimbulkan iritasi, bahkan iritasi yang berkepanjangan. Biasanya efek awal yang ditimbulkan adalah jerawat atau purging serta kulit menjadi kemerahan. Sebagian mereka lebih memilih menangani masalah tersebut dengan memberikan obat jerawat. Hal itu tidak akan menyelesaikan masalah dan justru akan lebih parah. Oleh karena itu langsung datang ke dokter kulit, jangan ke dokter kecantikan supaya mendapatkan perawatan yang sesuai.

3. Penuaan dini
Jika dalam usia dini sudah menggunakan kosmetik, meskipun itu tidak berelebihan perlu diwaspadai. Karena kulit yang terlalu muda memiliki tingkat kolagen dan elastisitas yang masih sangat baik. Menghancurkannya dengan berbagai macam kosmetik dan perawatan hanya akan menyebabkan elastisitas kulit menurun. Oleh karena itu akan muncul kerutan dan garis halus pada kulit wajah.

4. Menghilangkan kecantikan alami
Hal ini yang kurang diperhatikan oleh para perempuan. Yang tadinya memiliki kulit kuning langsat lalu ingin putih, melakukan perawatan khusus. Bukannya putih berseri yang diadapat, akan tetapi putih pucat. Tampilan kulit putih tersebut yang justru membuat tampak lebih tua.

5. Pubertas dini
Beberapa kandungan bahan kimia yang terdapat dalam kosmetik juga akan mengakibatkan puber sebelum waktunya. Hal tersebut diakibatkan bahan kimia diantaranya phthalates, triclosan, parabens, dan musks. Penelitian menyebutkan semua bahan tersebut dapat mempengaruhi kanker, gangguan hormon, depresi dan pubertas dini.
6. Kulit kebal
Kilit yang masih dini dan telah mendapatkan perawatan berbagai macam akan kebal. Maksudnya saat ini memang tidak ada sama sekali efek yang ditimbulkan. Akan tetapi efek tersebut akan muncul pada masa yang akan datang seiring kulit terus mendapatkan perawatan. Selain itu jika sudah cukup umur untuk mendapatkan perawatan, hal tersebut tidak akan mempunyai hasil yang bermakna.

Setelah mengetahui efek akibat penggunaan kosmetik usia dini, gunakan perawatan dan kosmetik yang wajar. Kosmetik yang sesuai dengan umur dan tentunya aman. Jangan tergiur dengan hasil instan, karena cantik itu alami dan memerlukan proses. Disarankan untuk menggunakan kosmetik dan perawatan adalah umur 17 keatas. Pada umur tersebut kulit sudah siap untuk mendapat perawatan dan pemakaian kosmetik.
Semoga bermanfaat… :-)

1 comments:

Dany Rosepta said...

Artikel yang bagus untuk jadi pelajaran...
Banyak Bahaya kafein yang harus diperhatikan untuk kesehatan, kafein yang terkadung dalam kopi berarrti meningkatkan Bahaya kopi secara tidak langsung? bagaimana dengan orang yang merokok, tentu ini menjadi lebih berbahaya?
Bahaya Merokok karena kandungan rokok yang dari bahan bahan berbehaya ini semakin meningkat, karena pada umumnya seorang perokok merupakan orang yang senang mengkonsumsi kafein?.
Terima Kasih

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes