Sunday 14 February 2016

Berbagai Macam Manfaat Jilbab Untuk Kesehatan



Pada dasarnya memang jilbab dapat membuat yang memakainya menjadi terlihat lebih cantik, menawan dan yang paling penting jilbab membuat pemakainya lebih sehat. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat bagi kaum hawa. Berjilbab bukan hanya sebatas perintah agama saja, di balik jilbab terdapat manfaat seperti untuk kesehatan dan kecantikan
yang mungkin belum kita ketahui. Menurut penelitian yang telah dilakukan mengenakan kerudung adalah pelindung kulit yang paling ampuh. Karena faktanya kulit wanita itu lebih tipis dibandingkan dengan kulit seorang laki-laki, serta mempunyai jumlah pigmen yang lebih rentan terkena kanker kulit. Secara ilmiah terkena sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kulit yang berbahaya bagi manusia.

Berikut ini adalah ulasan dari keampuhan jilbab/hijab:

1.      Melindungi Kulit Dari Terbakar Sinar Matahari (Sunburn)
Sunburn terjadi akibat sengatan matahari yang kadarnya melebihi daya tahan kulit terhadap UV, seperti luka bakar karena api. Sunburn terjadi pada orang berkulit cerah setelah terkena terik matahari kurang dari seperempat jam. Sedangkan, orang berkulit coklat (gelap) mampu bertahan di bawah terik matahari yang sama selama 3 - 9 jam.

Gejala sunburn tidak tampak seketika setelah terkena sinar matahari, tetapi akan terlihat setelah beberapa waktu. Gejalanya bermula dari rasa perih dan muncul warna merah. Rasa perih akan mencapai puncak setelah 6 - 48 jam tersengat matahari. Umumnya, hal itu mengakibatkan terjadinya pembengkakan kulit, terutama kulit kaki.

2.      Mencegah Peradangan Kulit Luar (Solar Keratoses)
Akibat yang ditimbulkan oleh Peradangan Kulit Luar  adalah: kulit akan terlihat seperti sisik-sisik kasar yang tampak pada bagian yang terbakar. Keadaaan ini dapat berkembang menjadi kanker kulit yang menyerang sel gepeng squamous cell. Dengan berhijab anda dapat terhindar dari penyakit yang satu ini, karena hijab/jilbab bisa melindungi kulit dari sinar UV.

3.      Mencegah Gatal-Gatal Yang Ditimbulkan Karena Matahari (Solar Urticaria)
Gatal-gatal yang ditimbulkan karena matahari ini bisa terjadi pada pria maupun wanita, meskipun cukup jarang dijumpai. Kebanyakan kasus terjadi sebelum usia 40 tahun. Gejalanya langsung terlihat seketika setelah terkena sengatan matahari. Penyakit ini biasanya menyerang wajah dan punggung tangan. Kondisi ini akan semakin parah seiring dengan makin lamanya seseorang terkena sengatan matahari.

4.      Memperlambat Penuaan Dini
Musuh terbesar bagi kulit manusia adalah sinar matahari. Dengan seringnya kulit terkena sinar matahari, makin cepat terjadi penuaan kulit. Prosesnya disebut (photo-aging). Tanda-tandanya kulit rusak, berkerut, dan timbul bercak coklat.

5.      Mencegah Kanker Kulit
Semua jenis kanker kulit diakibatkan karena terkena sinar matahari, terutama saat matahari terik-teriknya, yakni dari jam 10:00 pagi sampai 04:00 sore. Sinar UV bisa merusak DNA dalam sel-sel kulit dan mengubahnya menjadi tumor kanker. Adapun daerah yang paling potensial terkena kanker kulit ialah wajah, telapak tangan, lengan dan betis. Kulit-kulit yang terkena sunburn lebih potensial terkena kanker kulit. Seperti orang-orang yang menjemur tubuhnya dalam keadaan telanjang secara berkala. Sinar-sinar tersebut dapat merusak atau minimal melemahkan sel-sel antibodi yang tersebar di permukaan kulit. Akibatnya, pertumbuhan tumor kanker pun semakin ganas. Sinar-sinar tersebut juga berpengaruh pada kesehatan kulit dan keindahannya.

6.      Menjaga Kesehatan Rambut
Dengan berjilbab rambut akan terlindungi dari debu, sinar UV dan polusi, sehingga rambut lebih terjaga kesehatan dan kebersihannya. Interaksi rambut secara langsung dengan dunia luar bisa membuat warna kemilau rambut jadi kusam dan mudah rontok.

7.      Lebih Higienis dan Tahan Terhadap Penyakit
Kebiasaan mengenakan jilbab dapat membuat kebiasaan hidup bersih sehingga terhindar dari penyakit. Wanita yang berjilbab juga sangat diringankan dalam pemeliharaan kulit dan tentu saja tidak akan memerlukan kosmetika yang banyak yang biasanya cukup mahal.

8.      Terlindung dari udara panas dan dingin
Udara panas dapat merusak kesehatan khususnya pada otak. Ketika udara sedang panas dan harus keluar rumah, ahli kesehatan menyarankan untuk memakai pakaian yang bisa melindungi diri, terutama pada bagian kepala, mata, dan leher untuk mengurangi resiko kesehatan yang membahayakan otak. tubuh yang terkena udara dingin terlalu lama akan membuat seseorang menderita demam, flu, rasa ngilu, dan gemetar. pada suhu dingin di sarankan untuk menutup kepala dan tubuh dengan pakaian tebal demi menjaga panas tubuh. tes kesehatan membuktikan bahwa 40 % - 60% panas tubuh menurun akibat udara yang terlalu dingin.

Ternyata berjilbab tidak hanya berfungsi sebagai penutup aurot sebagaimana yang telah di syari’atkan islam dalam agamanya bagi seorang wanita, tetapi juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Mungkin itulah wujud dari perhatian islam terhadap para kaum hawa.
Setelah kalian mengetahui berbagai macam manfaat berhijab, apakah kalian masih akan tetap tidak menggunakan jilbab?
Mulai dari sekarang pakailah jilbab, agar kalian bisa mendapatkan manfaat-manfaat yang telah kami tuliskan di atas. Semoga bermanfaat dan terima kasih… :-)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes