Saturday 30 January 2016

Berbagai Macam Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan & Kesehatan






Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia)  buah yang berbentuk bulat, berwarna hijau dengan rasa asam yang sangat has ini sering kita temui di kebun-kebun dekat rumah. Buah ini telah dikenal sejak lama sebagai tanaman yang kaya manfaat. Buahnya berasa pahit, asam dan sedikit dingin, tetapi manfaatnya sangatlah beragam. 

 
Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan :


a.      Memperlancar pencernaan
Serat di dalam jeruk nipis juga dapat membantu meringankan sembelit. Karena kadungan asamnya yang cukup tinggi dengan ditambah sedikit garam mampu memperlancar pencernaan. Itulah alasan mengapa banyak obat sembelit yang mengandung extrakjeruk nipis.

b.      Perawatan mata
Manfaat vitamin C bersifat anti oksidan yang mampu melindungi mata dari penuaan dan degenerasi. Selain itu kandungan flavonoid juga mampu membantu melindungi mata dari infeksi.


c.       Memerdukan suara
Manfaat unik dari jeruk nipis lainnya adalah bisa memerdukan suara. Tidak percaya? Coba lah mencampurkan jeruk nipis dengan air hangat. Lalu minum campuran minuman tersebut setiap pagi. Dalam waktu singkat kita sudah akan bisa melihat hasilnya, yaitu suara yang lebih merdu.

d.      Mengatasi maag
Jeruk nipis yang bersifat asam ternyata juga bisa di gunakan untuk mengatasi maag,  asam pada jeruk nipis bersifat basa sehingga dapat menyeimbangkan asam lambung. Untuk mengatasi maag anda perlu mengkonsumsi air jeruk nipis sehari 2 kali secara rutin.

e.       Mencegah kanker
Kandungan vitamin C juga antioksidan yang tinggi pada jeruk nipis dapat mencegah timbulnya kanker dalam tubuh. Setiap hari anda beresiko terkena kanker, entah jenis kanker apapun, namun dengan mengkonsumsi air jeruk nipis, dapat mencegah tubuh dari serangan kanker.

f.       Mengatasi masalah tenggorokan
Manfaat lain jeruk nipis untuk kesehatan yaitu dapat mengatasi masalah tenggorokan, Jeruk nipis sangat ampuh digunakan cara meredakan radang tenggorokan, dan mengatasi masalah dalam mulut seperti mengatasi sariawan, mengatasi bau mulut, dan juga bisa mengatasi gusi yang bengkak.

g.      Meningkatkan kekebalan tubuh
Jeruk nipis kaya akan vitamin C yang menawarkan perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan penyakit lainnya, dengan sistem kekebalan tubuh yang fit, tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

h.      Ambeien
Tak hanya buahnya, akar jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mengatasi ambeien, yaitu dengan cara merebus akar jeruk nipis dan meminum air tersebut dalam keadaan hangat sebanyak 3 kali dalam sehari.

i.        Amandel
Kulit jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mengatasi amandel, caranya cukup mudah yaitu potong kulit jeruk nipis, kemudian anda rebus, dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur, lakukanlah 3-4 kali dalam sehari.

j.        Batuk
Jeruk nipis juga dapat menyembuhkan batuk yaitu dengan cara ambil perasan air 1 buah jeruk nipis, campur dengan 1 sendok madu dan sedikit garam, aduk hingga rata dan saring, anda minum 2-3 kali dalam sehari.

k.      Batu ginjal
Dua butir perasan jeruk nipis kampung diencerkan dengan 2 gelas air hangat, minum setelah makan malam. Lakukan tiap hari selama 10 hari.

l.        Menghilangkan bau badan
Potong jeruk nipis menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis saja, oleskan ke ketiak setiap setelah mandi. Biarkan selama kurang lebih 5 menit kemudian bilas. Lakukan setiap pagi dan sore secara rutin.


v  Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan :


a.      Manfaat jeruk nipis untuk wajah
Beberapa manfaat jeruk nipis untuk wajah antara lain membuat kulit wajah lebih halus, lebih putih secara alami, mempercantik kulit dan bermanfaat merapatkan pori – pori. Untuk memperoleh manfaat jeruk nipis bagi wajah anda resepnya adalah:
Sediakan jeruk nipis yang masih segar, lalu belah menjadi dua bagian. Lalu usapkan daging jeruk nipis ke kulit wajah, hidung, dan pipi yang memiliki pori-pori besar. Usapkan pula daging jeruk nipis tersebut ke bagian wajah yang kasar dan kusam. Dengan melakukan ini secara rutin, Insya Alloh wajah anda akan lebih halus, putih, dan memiliki pori-pori yang rapat.

b.      Mengatasi kulit berminyak
Kulit wajah yang berminyak terlihat lengket, kusam, pori-pori yang besar, dan mudah timbul jerawat atau komedo. Masalah seperti ini juga dapat diatasi dengan menggunakan jeruk nipis.

c.       Manfaat jeruk nipis untuk kuku
Jeruk nipis dapat membuat kuku bersih dan cemerlang: Anda dapat menggunakan air perasan jeruk nipis untuk membersihkan dan menggosok kuku anda yang kusam.

d.      Manfaat jeruk nipis untuk jerawat
Manfaat jeruk nipis selanjutnya adalah untuk mengatasi jerawat yang tumbuh di wajah. Anda dapat menggunakan air perasan jeruk nipis dan madu sebagai masker. Air perasan jeruk nipis dapat mengurangi minyak pada wajah, sedangkan kandungan antiseptik yang
terdapat pada madu dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.


e.       Menjaga berat badan
Jika Anda ingin tetap langsing, mengkonsumsi jeruk nipis adalah salah satu cara mudah yang bisa Anda lakukan. Buah ini bisa membantu kita untuk menjaga berat badan agar tetap ramping. Jadi, untuk menjalankan pola hidup sehat masukan jeruk nipis ke dalam daftar buah yang harus dikonsumsi.

f.        Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan rambut
Untuk jenis rambut berminyak yang biasanya cepat kotor, cucilah dengan air hangat yang
telah dicampur perasan air jeruk nipis. Hasilnya selain tak cepat kotor, rambut akan menjadi lebih halus dan lembut kemilau. Untuk menghilangkan ketombe gunakan air perasan jeruk nipis pada kulit kepala. Biarkan kering selama 20 sampai 30 menit, lalu dikeramas. Lakukan dua sampai tiga kali. Rambut Berkilau, Agar rambut berkilau dan mudah diatur, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis, dan sedikit air hangat. Bilas rambut Anda dengan shampo seperti biasa dan lalu tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan rambut dengan cara biasa. Mencegah rambut rontok atau berketombe. Yakni dengan dua jeruk dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya dan lakukan 3 kali seminggu.

g.      Membasmi ketombe di kepala
Selain bisa membuat rambut menjadi halus dan berkilau, jeruk nipis juga efektif membasmi ketombe di kepala. Untuk melakukannya, berikan perasan jeruk nipis di kepala kita lalu diamkan selama 20 hingga 30 menit. Setelah itu keramas untuk membersihkan kepala dan rambut kita. Seketika ketombe yang ada akan berkurang dan bahkan hilang.

h.      Mengatasi penuaan
Jeruk nipis juga dapat mengatasi penuaan, hal ini dikarenakan vitamin C yang tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Vitamin C menghilangkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang banyak menyebabkan kerusakan pada kulit. Dengan banyak meminum air jeruk nipis dapat mengatasi kerutan dan penuaan dini.

Itulah sebagian dari manfaat jeruk nipis untuk kesehatan dan kecantikan. Selain yang kami sebutkan di atas sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari buah ini yang masih belum kita ketahui. Semoga sebagian kecil dari manfaat-manfaat yang kami sebutkan diatas bisa bermanfaat untuk anda. Terima kasih… J

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes