Tuesday 22 March 2016

Tahukah Kamu Betapa Bahayanya Memiliki Kuku Panjang...?



Memanjangkan kuku merupakan salah satu kebiasaan yang umum di kalangan kaum hawa, karena kuku panjang nan indah adalah symbol bagi feminitas dan kecantikan mereka. Tapi hasil penelitian menyebutkan kuku panjang dapat memicu timbulnya penyakit dan masalah kesehatan jika tidak dijaga dan dirawat dengan baik.

Saat mencuci tangan, tanpa sengaja kita sering lupa membersihkan bagian dalam kuku. Tahukah Anda, bagian dalam kuku justru menyimpan debu, bakteri, virus bahkan telur cacing? Pasalnya, bentuknya yang berupa celah, memungkinkan berbagai kotoran menyangkut di dalamnya.
Karena itu, agar Anda tak pernah lupa untuk selalu membersihkan bagian dalam kuku, kenali lima fakta tentang kuman yang tersembunyi di balik kuku:

1.     Kuku Anda bisa menjadi tempat bersarangnya kuman yang dapat menimbulkan penyakit. Penelitian menunjukkan kuman penyebab diare sering ditemukan di balik kuku. Untuk itu, bersihkan dengan sabun tidak hanya permukaan tangan tetapi juga celah di balik kuku-kuku Anda.
2.     Kuku artifisial meskipun terlihat bersih tetapi mengandung banyak kuman. Bahkan menurut para ahli, kuman yang ada di bawah kuku buatan lebih banyak dibandingkan kuku asli. Usahakan untuk tidak terlalu sering menggunakan kuku palsu. Jika Anda menggunakannya, simpan selalu di tempat yang bersih dan terbebas dari debu. Lalu, setelah menggunakan kuku palsu bersihkan menggunakan sikat dan air hangat baru disimpan di tempat yang bersih.
3.    Setiap harinya, tangan melakukan kontak dengan ratusan benda. Anda juga menggunakan tangan untuk kegiatan seperti memasak dan makan. Kuku panjang berpotensi menyebabkan sejumlah masalah kesehatan karena kuku menjadi tempat sempurna bagi kuman dan kotoran untuk tinggal. Para ahli kesehatan setuju bahwa kuku harus dipotong pendek dan tetap bersih.
4.   Penelitian menemukan bahwa kuku pria lebih kotor dibandingkan kaum wanita. Untuk itu selalu tekankan pada pasangan Anda untuk membersihkan sela-sela kukunya.
5.    Hati-hati dalam memotong kuku. Meskipun bisa membuat kuku menjadi rapi dan bersih, menurut penelitian bakteri dan kuman akan semakin banyak setelah kuku dipotong. Untuk itu, pastikan pemotong kuku Anda dalam keadaan bersih sebelum menggunakannya. Setelah menggunakannya bersihkan kembali dan simpan ditempat yang terbebas dari debu. Selain itu, selalu sikat kuku secara teratur untuk membersihkan kuman di sela-sela kuku.

Itulah fakta-fakta kuman berada dalam selah-selah kuku yang panjang. Dari berbagai fakta-fakta itu dapat menimbulkan berbagai bahaya yang tidak terduga. berikut adalah bahaya dari kuku panjang yang wajib kita ketahui:

  1. Bisa melukai diri sendiri dan orang lain. hati-hati bagi anda yang mempunyai kuku panjang, apa    lagi bagi anda yang mempunyai anak bayi. kuku panjang bisa melukai bayi dengan mudah. 
  2.  Makan dengan kuku panjang dapat membawa bakteri masuk ke dalam tubuh kita. bakteri-bakteri merugikan banyak terdapat pada sela-sela kuku jari kita oleh karenanya jika anda punya kuku panjanh alangkah baiknya jika anda makan dengan selalu menggunakan sendok. 
  3. Kuku panjang mengganggu dalam aktivitas sehari-hari. bagi anda yang mempunyai kuku panjang tentunya akan sangat kesulitan dalam melakukan beberapa aktivitas, misalnya mencuci. 
  4. Tanpa kita sadari dengan kita memliki kuku panjang kita akan berusaha untuk selalu merawatnya, sehingga kita akan menjadi makin banyak mengeluarkan anggaran belanja kita.
oleh karena itu cobalah berpikir ulang untuk memanjangkan kuku kita. Kenyataanya, banyak wanita memilih untuk menjaga kuku panjang mereka baik dengan tumbuh secara alami atau dengan memakai kuku buatan. Penting bagi Anda mendapatkan informasi tentang potensi risiko memiliki kuku panjang. Perlu diperhatikan juga untuk mengambil tindakan pencegahan dengan memastikan Anda merawat kuku dengan baik.

Saran kami jika Anda memiliki kuku panjang, sadarilah untuk tetap menjaga kesehatan. Jangan gunakan kuku untuk membuka benda-benda yang dapat mengikis bagian dari kuku Anda, sehingga tajam dan berbahaya. Pastikan Anda memakai sarung tangan saat memasak, membersihkan, dan mencuci tangan untuk mencegah kuman mengumpul di bawah kuku Anda.

Hindari menggigit kuku, karena merupakan kebiasaan buruk yang memungkinkan kuman masuk ke dalam tubuh Anda. Bersihkan kuku sesering mungkin. Perlu Anda sadari, dokter yang telah melakukan penelitian mendapatkan hasil tentang bahaya memiliki kuku panjang, tetap memperingatkan Anda untuk tidak mengambil risiko dengan memotong kuku secara teratur.

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes