Monday 1 February 2016

Manfaat Mengagumkan Susu Untuk Kesehatan & Kecantikan



Susu adalah salah satu produk olahan protein hewani yang berasal dari sapi/kambing. Susu merupakan produk komersil yang saat ini sangat mudah untuk ditemukan. Minuman susu juga telah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang, meskipun mereka tidak mengetahui manfaat dari susu itu sendiri. Susu identik dengan hasil perahan sapi/kambing, namun sekarang olahan susu sudah banyak didapatkan dari sumber protein lain, seperti susu kedelai yang mengandung protein nabati.

Ada beberapa informasi yang tidak akurat yang berkembang pada masyarakat umum tentang dampak negatif susu, padahal manfaat susu sangat baik untuk kesehatan. Kami sarankan untuk anda yang sudah terbiasa minum susu tiap pagi untuk tidak meninggalkan salah satu kebiasaan baik itu. Aneka produk susu sekarang ini juga sudah sangat bervariasi dan sudah disesuaikan dengan tingkatan usia seseorang. Jadi anda tentu tidak akan kesulitan untuk memilih jenis susu yang sesuai usia anda. Untuk lebih menyakinkan pembaca tentang berbagai manfaat yang dapat diperoleh saat minum susu setiap hari. Berikut ini adalah berbagai macam manfaat menakjubkan susu bagi kesehatan tubuh anda :


v  Manfaat Susu Untuk Kesehatan:


1.      Sumber Kalsium dan Protein
Beberapa produk susu mengandung kalsium dan protein dengan tingkat tinggi, lebih dari kebutuhan harian yang terdapat pada zat ini. Bahkan produk olahan susu yang rendah lemak, seperti manfaat yogurt  atau keju rendah lemak. Hanya secangkir  yogurt plain tanpa lemak misalnya, memberikan sepertiga dari asupan kalsium harian yang disarankan dari 17% estimasi asupan protein harian.

2.      Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang
Kalsium di dalam susu merupakan zat yang paling penting untuk kesehatan tulang. Kalsium tidak hanya baik untuk pertumbuhan tulang pada anak-anak, namun demikian juga pada orang dewasa sangat dibutuhkan untuk menjaga kekuatan tulang dan mencegah terjadinya resiko tulang keropos (osteoporosis).
Harap diperhatikan saat membeli susu, pilihlah susu dengan tambahan vitamin D di dalamnya untuk membantu penyerapan kalsium di dalam tubuh.  Kalsium ini juga membantu menjaga gigi tumbuh dengan sehat dan mencegahnya berlubang.

3.      Memperbaiki Tekanan Darah
Penelitian yang dilakukan di Spanyol pada lebih dari 5.000 orang dewasa menunjukkan bahwa, pada mereka yang dilaporkan mengkonsumsi susu rendah lemak, 54% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan tekanan darah tinggi selama periode dua tahun.

4.      Mengurangi Stress
Minum susu setelah bekerja keras ketika pikiran masih diliputi rasa stress adalah salah satu cara yang baik, setelah penat seharian beraktivitas. Segelas susu hangat akan membantu mengendurkan otot yang tegang dan menenangkan saraf.

5.      Mempengaruhi Kesuburan Untuk Mendapatkan Anak
Sedang melakukan program untuk memiliki bayi?? Tambahkan susu ke dalam menu makanan sehari-hari. Pada sebuah penelitian di universitas Harvard menemukan, wanita yang mengkonsumsi lebih dari satu porsi susu tinggi lemak sekitar 25%, lebih kecil kemungkinannya untuk menderita masalah ovulasi dibandingkan dengan mereka yang lebih sedikit meminum susu dalam seminggu

6.      Meringankan Rasa Lelah Setelah Berolahraga
Berbagai nutrisi dalam susu khususnya protein dapat membantu menutrisi otot anda setelah berolahraga yang ringan maupun berat. Sehingga rasa lelah pun akan jarang anda rasakan.

7.      Mencegah Kanker Usus
Kalsium pada susu sudah terbukti bisa menghambat perkembangan adenoma atau semacam tumor ganas yang biasa menimpa usus besar (kolon) sehingga dapat mencegah terjadinya kanker usus.

8.      Mempercepat Pertumbuhan
Susu penuh dengan nutrisi penting yang akan menunjang pertumbuhan tulang, gigi, kuku dan rambut yang baik. Jika Anda memiliki kebiasaan minum susu sejak dini, tentu akan sangat membantu Anda tumbuh tinggi dan kuat.

9.      Menjaga Kesehatan Pencernaan
Susu bisa dijadikan sebagai minuman pembuka yang baik dengan semua kandungan nutrisi di dalamnya. Bagi Anda yang sering terlambat makan, Anda bisa mengawalinya dengan segelas susu hangat agar kesehatan pencernaan Anda tetap terjaga.

10.  Anda Sulit Tidur? Minumlah Susu!
Minum segelas susu hangat sebelum tidur di malam hari ternyata bisa menenangkan kembali sistem saraf Anda. Selain itu dengan minum susu, otot-otot yang semula tegang akan kembali rileks, merangsang rasa kantuk, dan Anda pun akan tertidur pulas.

11.  Mengganti Cairan yang Hilang
Jagalah tubuh Anda dari dehidrasi dengan minum beberapa gelas susu setiap hari. Seperti halnya manfaat air putih pada tubuh Anda, susu juga berperan menggantikan cairan tubuh yang hilang sekaligus menyuplai vitamin dan mineral pada tubuh ketika Anda melakukan aktivitas tinggi.

12.  Menetralisir Racun
Susu juga dapat digunakan sebagai penetralisir racun yang berasal dari makanan lain yang telah di konsumsi dan di serap oleh tubuh. Seperti membersihkan paru-paru dari racun-racun yang membandel. Membantu tubuh membuang racun akibat berbagai macam polusi yang terserap oleh tubuh melalui kulit, terutama mereka yang banyak melakukan aktifitas di luar ruangan.

v  Manfaat Susu untuk Kecantikan:


1.      Menjaga Berat Badan
Banyak orang yang meninggalkan susu pada program dietnya. Padahal penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang mengkonsumsi susu rendah lemak atau susu skim, dapat menurunkan berat badan lebih dari mereka yang tidak mengkonsumsi susu. Sebenarnya yang menjadikan berat badan semakin naik itu adalah kandungan gula berlebih yang di campurkan kedalam susu oleh pabrik, bukan dari susu itu sendiri. Susu juga dapat menjadi camilan sehat dengan menambahkan potongan manfaat buah-buahan ke dalam segelas susu untuk makan malam.

2.      Mencerahkan & Menghaluskan Kulit
Perawatan kulit dengan susu, bisa digunakan pada bagian wajah maupun seluruh tubuh. Manfaat yang di dapat ialah dapat mencerahkan warna kulit, yang tentunya secara alami. Kandungan susu antara lain ialah kalsium, vitamin, zat besi, yang dimana dengan menggunakannya akan memberikan warna kulit yang cerah. Tidak hanya itu saja, susu dapat mencegah penuaan dini. Jadi anda dapat tampil lebih cerah nan tampak muda. Selain itu, susu juga menghaluskan permukaan kulit, sehingga kulit terasa lembut nan cantik.

3.      Menjadi kondisioner rambut
Susu berguna untuk perawatan rambut alami, yang berasal dari banyaknya kandungan enzim pada susu  dan juga protein nabati yang menjadikan susu sebagai kondisioner. Tuangkan 1/8 cangkir susu pada rambut setelah keramas, lalu bilas air dengan rambut sampai bersih.

4.      Mengurangi kulit berminyak
Bagi anda yang mengalami berminyak terlalu lebih pada wajah, dapat menggunakan susu untuk mengatasinya. Tentunya dengan mengoleskan susu merata pada kulit wajah, tunggu beberapa menit, bisa 15 menit, setelah itu bilas dengan air hangat, jika tidak ada, memakai air biasa tidak apa. Gunakan secara teratur di waktu luang anda, dan nantikan hasilnya.
Hasil akan maksimal jika dilakukan di malam hari, sebelum tidur. Setelah selesai perawatan, anda bisa tidur dan biarkan kulit anda yang memprosesnya Tunggulah di pagi harinya, pasti akan menampakkan kulit wajah yang kadar minyaknya dapat berkurang, dan lama kelamaan akan bebas dari kulit berminyak. Jika kulit berminyak tidak segera anda atasi akan menimbulkan jerawat yang menyelimuti wajah anda. Tentunya anda tidak ingin hal itu terjadi bukan? Cobalah perawatan dengan susu, yang merupakan perawatan secara alami tanpa efek kimia.

v  Manfaat Susu Yang Lainnya
Susu tidak hanya berguna untuk pemenuhan kebutuhan gizi untuk tubuh ataupun kecantikan, akan tatapi kandungan zat didalam susu ini dapat memberi manfaat lain di luar masalah kesehatan, seperti berikut :
a.      Menghilangkan noda Pakaian
Susu ternyata ampuh untuk menghilangkan noda tinta pada pakaian, karena sejumlah kandungan enzim di dalamnya. Pisahkan baju yang terkena noda, kemudian bagian baju yang terkena noda tinta, dicelupkan dulu pada susu sebelum di cuci.

b.      Menutup retakan porselen
Peralatan porselen kesayangan dirumah bisa saja mengalami keretakan, dan kemudian tidak terpakai bahkan sampai dibuang. Jangan langsung membuang dulu porselen yang retak ini, karena susu dapat membantu merekatkan polselen retak kembali. Caranya : rendam porselen di dalam susu, kemudian panaskan hingga hangat. Setelah itu, matikan api dan tunggu selama semalam. Protein casein di dalam kandungan susu, mampu menutupi retakan porselen.

v  Kandugan Nutrisi Susu
Susu merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, terutama kandungan kalsium. Susu telah lama dikenal dan berperan penting dalam kesehatan tulang. Mengubah asupan susu atas dasar mitos ini, berarti tidak perlu harus membatasi minuman yang sangat bergizi ini.
Susu atau produk olah susu lainnya, mengandung nutrisi keseimbangan dari protein, lemak dan karbohidrat dan merupakan sumber nutrisi penting, termasuk :
  • kalsium
  • riboflavin
  • fosfor
  • vitamin A, dan B12
  • kalium
  • magnesium
  • seng
Susu telah sejak dulu dijadikan sumber asupan yang menyempurnakan gizi untuk kebutuhan tubuh yaitu 4 sehat, 5 sempurna oleh susu. Atas kepentingan itulah, susu harus dikonsumsi karena manfaatnya yang penting untuk tubuh, sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi. Semoga apa yang telah kami sampaikan di atas dapat bermanfaat. Amin…. :-)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes