Thursday 10 March 2016

Tahukah Kalian Apa Itu Maag Akut...?



Sakit maag akut adalah penyakit yang menyerang pada lambung. Maag menimbulkan  rasa nyeri pada daerah lambung, biasanya nyeri ini dirasakan pada daerah ulu hati, kemudian disertai dengan perut kembung, perih, dan juga bisa menyebabkan mual. Gangguan yang terjadi di lambung ini biasanya disebabkan karena produksi asam lambung yang tidak terkontrol. Tidak jarang, asam lambung naik dan menyebabkan mulut menjadi masam. Sakit maag ini sering disebut dengan radang lambung karena bisa menyerang disegala usia. Sakit maag akut biasanya terjadi karena faktor terlambat makan, mengonsumsi makanan yang terlalu pedas dan asam, minum alkohol, kopi, merokok, obat rematik, obat asma, dan juga disebabkan karena minuman yang bersoda.

Normalnya, asam lambung memang diperlukan untuk membantu pencernaan dan sangat diperlukan tubuh dalam jumlah yang seimbang. Produksi dari asam lambung ini biasanya meningkat pada  saat tubuh memerlukannya yaitu disaat makan. Sebaliknya, disaat tubuh tidak memerlukannya, maka produksi asam lambung ini kemudian akan menurun kembali. Oleh sebab itulah jangan telat makan agar asam lambung di dalam perut tidak naik.

Mengatasi dan mencegah sakit maag akut dilakukan dengan mengontrol jadwal makan agar menjadi teratur. Hal ini dilakukan bertujuan  untuk menghalangi terjadinya iritasi pada dinding lambung yng disebabkan oleh asam lambung yang berlebihan. Selain pola makan yang tidak teratur, penyebab lainnya adalah karena  stress.

Untuk mengatasi sakit maag ini Anda dapat mengurangi makanan yang bisa mengganggu kerja lambung. Diantara makanan-makanan yang dapat memicu sakit maag adalah makanan yang pedas dan asam dan beberapa jenis makanan yang bisa memicu terjadinya asam lambung naik atau sakit maag akut adalah ubi, nangka, durian, salak, mie, sate kambing, serta juga minuman yang banyak mengandung soda dan juga alkohol.

Pada penderita sakit maag akut, penyakit ini bisa saja disembuhkan asalkan penderita mau mengubah pola hidup dan pola makannya agar menjadi lebih teratur dan menjadi lebih terkontrol.

Gejala-gejala sakit maag akut: 
  • Pada bagian lambung akan mengalami rasa nyeri
     
  • Terdapat darah saat melakukan buang air besar
  • Akan mengalami sendawa secara terus menerus
  • Akan mengalami perut kembung
  • Akan mengalami pucat bagian wajah
     
  •  Akan mengalami keringat dingin
  • Akan mengalami susah tidur
Itulah keterangan dari penyakit maag akut beserta gejala-gejalanya yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda sekalian. Sekian dan terima kasih…:-)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes