Sunday 6 March 2016

Jika Bangun Pagi Baik Untuk Kesehatan Kenapa Tidak.




Bila bisa bangun pagi, kenapa harus bangun siang?
Banyak orang yang sudah mengetahui bahwa bangun pagi (Subuh) itu baik dan bangun kesiangan itu buruk. Tetapi hanya sebagian kecil dari mereka yang mau melaksanakannya. Kebanyakan dari mereka lebih mendengarkan nafsunya yang berasal dari setan.

Menurut para ahli di bidang kesehatan, udara di sepertiga malam yang terakhir itu sangat kaya dengan oksigen dan belum terkotori oleh zat-zat lain yang sehingga sangat bermanfaat dalam mengoptimalisasikan metabolisme tubuh. Hal ini akan mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap vitalitas seseorang dalam aktivitasnya selama seharian penuh. Inilah anugerah yang luar biasa dari Tuhan yang diberikan melalui kesegaran alam di waktu pagi untuk makhluk-Nya.

Pagi-pagi adalah waktu yang sangat baik untuk berolahraga. Semakin awal Anda bangun, semakin banyak kalori yang dapat Anda bakar sepanjang hari dan Anda akan selalu merasa sehat. Penelitian juga membuktikan bahwa orang yang berolahraga di pagi hari cenderung lebih konsisten dalam menjaga kebugaran badan mereka.

Kegiatan "Bangun Pagi" telah menjadi salah satu faktor yang membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Ada juga yang mengistilahkan dengan ungkapan "Ayo bangun pagi, Biar rezekinya tidak di patok ayam". Bagi sebagian orang, bangun pagi merupakan rutinitas yang begitu sulit untuk dilakukan setiap hari. Padahal jauh di lubuk hati yang terdalam, mereka berkeinginan kuat untuk bangun di pagi hari. Ada berbagai alasan kuat, mengapa kita harus bangun pagi. Lalu, apa saja alasan kuat untuk bangun pagi setiap hari tersebut...?
Berikut ini adalah alasan kuat untuk bangun pagi setiap hari:
  1. Merasakan Udara Yang Begitu Segar.
    Faktanya, polusi udara menjadi hal yang tidak dapat terhindarkan di zaman modern ini. Padahal udara yang bersih sangat dibutuhkan seluruh anggota tubuh khususnya paru-paru. Maka dari itu mulailah bangun pagi dan rasakan udara yang masih begitu segar dan sejuk.
  2. Memiliki Waktu Untuk Berolahraga.
    Membiasakan diri dengan berolah raga selama 30 menit setiap pagi memiliki dampak besar bagi kesehatan tubuh dihari ini dan di masa mendatang. (Bagi anda yang muslim, sholat subuh juga termasuk mengolahragakan tubuh sekaligus mendapatkan pahala yang besar ).
  3. Tidak Melewatkan Sarapan Pagi.
    Sarapan pagi menjadi salah satu aktivitas terpenting di pagi hari. Dengan rutin sarapan pagi yang menyehatkan, maka kegiatan maupun pekerjaan yang anda kerjakan di sepanjang hari dapat berjalan lancar sesuai harapan dan keinginan anda.
  4. Menenangkan Pikiran Dan Perasaan Anda.
    Suara ayam yang berkokok serta burung yang berkicau di pagi hari sangat indah untuk didengarkan, yang mana dapat membantu menenangkan pikiran dan perasaan sekaligus menurunkan tingkat stres atas berbagai masalah hidup yang anda alami.
  5.  Memiliki Waktu Untuk Mempersiapkan Diri.
    Berbagai jadwal kegiatan hari ini dapat langsung ditulis atau direncanakan di waktu pagi, di saat fikiran masih jernih. Sehingga andapun dapat mengagendakan dan melakukan hal-hal penting yang tidak boleh di lewatkan pada hari ini.
  6. Melihat Keajaiban-Keajaiban Kecil.
    Berbagai keajaiban kecil hanya dapat di lihat dan disaksikan di pagi hari seperti melihat suami berangkat ke kantor, melihat istri mempersiapkan hidangan pagi maupun melihat dan mempersiapkan buah hati untuk berangkat ke sekolah.
  7. Menikmati Yang Hangat-Hangat.
    Pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk menikmati sesuatu yang hangat-hangat seperti teh hangat, kopi hangat serta sarapan yang masih hangat. Selain itu, tidak melewatkan meminum air putih di pagi hari juga membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan di tubuh anda.
Itulah tadi beberapa alas an kuat untuk anda tidak dapat menolak bangun pagi. Selain itu semua bangun pagi juga memiliki berbagai manfaat. Seperti:
1.      Bangun pagi itu barokah
Rasulluallah telah bersabda "berpagi itu barokah". Karena waktu itu jiwa, akal dan fisik kita belum mengalami letih. Akan tetapi tetapi masih dalam keadaan yang fresh, jadi sayang sekali jika tidak dindakan dengan sebaik mungkin. Sebaik baiknya waktu bekerja adalah dipagi hari. Rasulullah bersabda:

"Tidur selepas subuh itu akan mewarisi kepapaan". (kepaan adalah kemuncak kepada segala macam kesulitan dan kesusahan).

2.      Menambah Kecerdasan
Rasulullah SAW dahulu selalu membangunkan sahabtanya untuk shalat subuh berjama'ah dimasjid. Para sahabat berjalan kaki bersama-sama keluar rumah untuk pergi ke masjid Nabawi untuk menunaikan shalat subuh. Menurut penelitia Dr. Alexander Bruce bahwa diwaktu shubuh, kadar gas ozon mengandung oksigen pada puncaknya dan akan menipis secara perlahan hingga matahari mulai terbit. Sementara gas ozon ini sangatlah ampuh untuk mencegah kerusakan paru-paru, tersumbatnya urat nadi, merangsang urat syaraf bekerja dengan baik, dan meningkatkan kekebalan tubuh anda. Lalu jika anda menghirup udara segar dipagi hari, kecepatan aliran darah menuju otak juga akan bertambah, maka anda akan memperoleh otak yang kaya oksigen dengan cepat. Hasilnya otak kita akan lebih cepat menangkap pemikiran jika disuruh untuk berfikir.

3.      Udara segar yang bermanfaat untuk paru-paru
Menurut Dr. Muslim Nathin, bangun paga dapat mengurangi kecenderungan terserangnya penyakit kardiovaskular atau bisa disebut juga gangguan jantung pembluh darah. Karena kita dapat kesempatan untuk menikmati udara segar yang belum sama sekali tersentuh oleh polusi, momentum tersebut sangatlah tepat untuk memasukan sebanyak mungkin oksigen murni ke paru-paru dengan aktifitas sholat subuh atau berolahraga.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda sekalian. Sekian dari kami dan terima kasih.
Ayo paksakan diri Anda untuk dapat bangun pagi. Insya Allah tidak akan menyesal… :-)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes