Saturday 27 February 2016

Manfaat Menakjubkan Dari Buah Semangka untuk Ibu Hamil




Di indonesia tentu tidaklah asing bila mendengar kuliner yang memakai bahan utama dari buah yang bernama semangka (Citrullus lanatus). Buah yang memiliki kulit keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua bagaikan tentara dengan rasa yang menyegarkan ini adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh merambat yang berasal dari daerah Afrika bagian selatan. Semangka masih satu kerabat dengan buah labu (cucurbitaceae), ketimun (cucumis sativus) serta melon (cucumis melo).  Rasanya yang manis, menjadikan buah semangka ini biasa disajikan sebagai hidangan pencuci mulut.
Buah semangka juga biasa diolah menjadi jus atau aneka minuman menyegarkan lainnya. Tetapi masih banyak orang yang tidak mengetahui kandungan gizi yang terdapat pada buah semangka.

Dari setiap makanan atau buah yang kita konsumsi, tentu saja akan lebih baik jika kita mengetahui kandungan yang terdapat di dalam makanan atau buah tersebut. Dengan mengetahui kandungannya kita akan lebih bijak dalam memilih makanan atau buah yang kita konsumsi agar bermanfaat bagi tubuh kita. Berikut adalah rangkuman mengenai kandungan atau nilai gizi dalam buah semangka yang terdapat dalam takaran 100 gram bagian semangka yang kita makan.

Kandungan atau nilai gizi dalam buah semangka:

·         Energi – 127 kJ (30 kcal)
·         Air – 91.45 g
·         Karbohidrat – 7.55 g
·         Protein – 0.61 g
·         Vitamin B6 – 0.045 mg (3%)
·         Folat (Vit. B9) – 3 mg (1%)
·         Gula – 6.2 g
·         Serat pangan – 0.4 g
·         Vitamin C – 8.1 mg (14%)
·         Lemak – 0.15 g
·         Kalium – 112 mg (2%)
·         Fosfor – 11 mg (2%)
·         Kalsium – 7 mg (1%)
·         Besi – 0.24 mg (2%)
·         Magnesium – 10 mg (3%)
·         Seng – 0.10 mg (1%)
·         Vitamin A – 28 mg (3%)
·         Niacin (Vit. B3) – 0.178 mg (1%)
·         Riboflavin (Vit. B2) – 0.021 mg (1%)
·         Thiamine (Vit. B1) – 0.033 mg (3%)
·         Asam Pantothenat (B5) – 0.221 mg (4%)

Dari sekian banyak kandungan atau gizi yang terdapat dalam buah semangka. Tentu saja membuat buah semangka memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia termasuk manfaatnya jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat semangka untuk ibu hamil dan janin:

1.      Mengurangi Pembengkakan Pada Ibu Hamil
Selama masa kehamilan rata-rata sengat sering terjadi gamgguan kehamilan, seperti pembengkakan ringan yang terjadi pada tangan dan kaki, kondisi ini biasa disebut dengan istilah edema. Akan tetapi dengan kandungan air yang terdapat dalam semangka menjadikan buah ini mampu mengurangi penyumbatan yang terjadi pada pembuluh darah dan otot, sehingga mampu mencegah pembengkakan/edema yang terjadi.

2.      Mencegah Dehidrasi
Semangka mengandung 90% air, sehingga manfaat semangka dapat mencegah dehidrasi yang terjadi pada ibu hamil. Karena apabila ibu hamil mengalami kondisi dehidrasi akan berakibat fatal bagi kelahiran sang bayi, seperti kontraksi prematur atau kelahiran prematur.

3.      Mencegah Terjadinya Kram Otot
Masa kehamilan adalah masa di mana tubuh ibu hamil akan mengalami berbagai perubahan. Salah satunya adalah horman dan juga berat badan yang meningkat. Hal ini dapat membuat tulang dan juga otot merasa sakit dan kram. Namun, dengan mengkonsumsi buah-buahan untuk ibu hamil seperti semangka, akan mengurangi perubahan-perubahan yang terjadi, dan lebih pentingnya lagi mampu mengurangi kram otot dan tulang serta otot yang sakit.

4.      Mengatasi Morning Sicknes
Mengkonsumsi buah semangka secara teratur di pagi hari akan memberikan efek semangat ketika memulai hari saat terjadi morning sickness. Hal ini ditimbulkan dari rasa segar dan menenangkan yang berasal dari buah semangka. Karena buah semangka mengandung energi dan gizi yang bermanfaat bagi tubuh, serta mencegah keluhan morning sicknes pada ibu hamil.

5.      Mengatasi Keluhan Pencernaan
Bagi ibu hamil yang mengalami permasalahan pada pencernaan yang tidak baik, sering merasa mual dan juga asam lambung. Dengan buah semangka anda dapat mengatasi keluhan atau permasalahan tersebut. Karena di dalam buah semangka terkandung banyak air yang dapat membuat saluran makanan dan perut terasa sejuk.

6.      Bermanfaat bagi janin
Selain semangka bermaanfaat bagi ibu hamil, buah semangka ternyata juga baik untuk janin. Kandungan vitamin dan nutrisi yang ada di dalam buah semangka bisaa memperlengkap kebutuhan nutrisi dan vitamin bagi bayi.

7.      Menjaga Kesehatan Jantung
Buah semangka diperkaya dengan kandungan zat yang bernama Likopen. Hal ini menjadikan buah semangka sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung ibu hamil, maupun pada janin.

8.      Menjaga Sistem Imunitas
Vitamin C yang terkandung dalam buah semangka menjadikan buah semangka ini mampu membantu meningkatkan sistem imun tubuh ibu hamil.  Hal ini tentu sangat baik untuk membuat tubuh tidak mudah sakit di saat kita berada pada cuaca yang ekstrim atau saat perubahan cuaca yang tidak menentu.

9.      Mendukung Pembentukan Tulang Janin
Buah semangka diperkaya juga dengan kalium, di mana kalium itu sendiri berfungsi untuk mempertahankan kalsium dalam tubuh. Hal ini akan menjadikannya sangat bermanfaat dalam proses pembentukan tulang janin dan menguatkan persendian pada tubuh ibu menjadi lebih sehat dan lebih kuat.

10.  Kaya Antioksidan dari Vitamin A
Vitamin A yang terkandung manfaat semangka untuk ibu hamil, menjadikan buah ini bermanfaat dalam menjaga organ penglihatan pada janin. Selain itu, senyawa karotenoid vitamin A ini bermanfaat sebagai antioksidan yang lindungi tubuh dari radikal bebas. Senyawa ini mampu menetralisir radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

11.  Melancarkan Urine
semangka juga memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan atau memperlancar aliran urine dalam tubuh, terutama selama kehamilan. Hal ini tentu sangat berpengaruh baik terhadap kesehatan organ ginjal bagi yang mengkonsumsinya.

Saran konsumsi buah semangka:

Mengkonsumsi buah semangka secara berlebihan bisa meningkatkan kadar glukosa darah. Sehingga bisa mencetus diabetes gestational. Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi buah ini dalam jumlah terbatas. Hindari konsumsi semangka yang sudah lama berada di tempat terbuka. Hal ini karena buah ini bisa memicu keluhan pencernaan, mual dan muntah. Oleh karena itu sebaiknya mengkonsumsi semangka yang masih segar atau baru dipotong, termasuk juga saat dibuat menjadi jus.

Jus semangka segar bisa dikonsumsi setiap hari guna mengurangi derita morning sickness. Sebaiknya tidak menambahkan es terlalu banyak di dalam jus semangka. Ibu hamil bisa meminumnya saat sarapan pagi dan sebagai hidangan penutup setelah makan malam. Agar lebih aman, sebaiknya ibu hamil melakukan konsultasi kepada dokter sebelum menerapkan semangka sebagai asupan harian.
Itulah beberapa manfaat dari buah semangka untuk ibu hamil yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat bagi anda sekalian. Sekian dan terima kasih… :-)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes