Thursday 11 February 2016

Kehebatan Serat Untuk Kesehatan Tubuh



Serat makanan sangatlah banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh manusia yang hanya bisa ditemukan pada makanan yang berasal dari tumbuhan seperti, sayuran dan buah-buahan. Kebanyakan orang tidak mengetahui betapa banyaknya  manfaat dari serat yang mereka tahu hanya serat sebagai pelancar BAB. Padahal mengonsumsi makanan kaya serat setiap hari akan menghindarkan kita dari masalah kesehatan seperti, jantung, sembelit, kanker, diabetes, obesitas dan racun. karena serat berperan penting dalam proses pencernaan manusia.
Salah satu fungsi serat dalam pencernaan adalah membantu penyerapan glukosa sehingga gula yang masuk ke sel-sel darah akan melambat dan menjaga tingkat gula darah yang normal. Serat akan menghasilkan asam organik penting yang berguna untuk memelihara lapisan usus.
Serat merupakan zat yang dicerna tanaman dan merupakan bentuk dari karbohidrat yang tidak dapat dipecah menjadi nutrisi. Dengan demikian serat dapat melewati saluran pencernaan manusia tanpa mengalami perubahan apapun. Oleh karena itu zat serat akan memperlambat proses makan didalam sistem pencernaan, dan juga akan mencegah kita selalu merasa lapar. Bagi seseorang yang ingin melakukan diet serat adalah salah satu bahan gizi yang paling penting untuk menu diet mereka.

Berikut Manfaat penting Serat bagi kesehatan tubuh Kita:

1.Memperpanjang usia
Mengonsumsi serat sesuai kebutuhan harian yakni 14 gram dalam setiap 1000 kalori, mempunyai kesempatan hidup 9 tahun lebih lama dibandingkan dengan orang yang tidak memenuhi kebutuhan serat hariannya.

2.Kesehatan Jantung
Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan serat tinggi, yaitu dari 5 porsi buah dan sayuran per hari dapat mencegah penyakit jantung.

3.Pencegahan Kanker
Serat berfungsi meningkatkan seberapa cepat makanan untuk melewati saluran pencernaan, dengan demikian akan mencegah resiko beberapa jenis kanker. beberapa kanker yang bisa dicegah kehadirannya oleh serat Yaitu, kanker usus besar, kanker payudara, kanker ovarium dan kanker rahim.


4.Menurunkan Kadar Kolesterol
Serat juga berfungsi untuk mengikat kolesterol selama proses pencernaan, serta mencegahya agar tidak diserap usus dan pada akhirnya dapat menyumbat arteri. Hal ini tentunya akan menurunkan kadar kolesterol jahat ( LDL ) dalam darah.

5.Mencegah Batu Ginjal dan batu empedu
Serat diketahui berfungsi mencegah sebagian besar insulin agar tidak memasuki aliran darah selama proses pencernaan. Hal ini supaya pada akhirnya tidak membentuk batu empedu dan batu ginjal.

6.Mempromosikan Kulit yang Sehat
Serat sangat penting untuk membantu membersihkan tubuh dari racun, yang secara langsung dapat mempengaruhi kesehatan kulit Anda. Dengan mengkonsumsi serat dari makanan seperti sayuran berdaun hijau dan buah, maka kolesterol akan diikat dan bahan beracun secepatnya akan dikeluarkan dari sistem pencernaan. Racun dari makanan ini dapat mempengaruhi seluruh tubuh kita, dan yang paling kelihatan adalah pada kulit. Kulit yang sehat adalah merupakan hasil dari aliran darah yang baik, yang akan terjadi ketika racun sudah dibersihkan dari sistem dalam tubuh.

7.Mencegah Stroke
Asupan serat dalam diet bermanfaat untuk menurunkan risiko stroke. Menurut American Heart Association, sebanyak 25 gram serat harus dikonsumsi setiap hari. Serat dapat diperoleh dengan mudah dengan cara mengkonsumsi buah-buahan, sayuran dan biji-bijian.

8.Manajemen Berat Badan
Dengan nutrisi yang tepat, maka rasa lapar bisa diatur dan diperlambat. Memakan biji-bijian dan lebih banyak makan buah dan sayuran dapat menyebabkan tubuh lebih cepat merasa kenyang. Dengan memasukkan lebih banyak serat kedalam diet, maka rasa selalu kelaparan akan diatur secara alami dan pada akhirnya mencegah obesitas. Ingat, obesitas akan memperbesar peluang kita untuk mendapatkan penyakit berat, seperti darah tinggi, diabetes, asam urat, dan lain-lain.

9.Menjaga kesehatan usus
Memang tidak ada kaitannya antara makanan berserat dengan risiko kanker usus besar. Walaupun begitu, mengonsumsi makanan yang berserat sesuai kebutuhan, secara tidak langsung dapat menjaga kesehatan usus secara keseluruhan.

10.  Menyehatkan pencernaan
Karsinogen dalam usus akan diikat oleh serat, sehingga bisa lebih mudah bergerak dan dikeluarkan lebih cepat melalui saluran pencernaan. Dengan memasukkan serat ke dalam diet sehari-hari, maka konstipasi dan wasir dapat dicegah. Serat dalam pencernaan akan membantu mengeluarkan limbah melewati usus tanpa meninggalkan residu, sehingga dengan demikian serat akan membantu mengurangi risiko kanker usus besar dan mengatur gerakan usus.

11.  Mencegah Diabetes
      Buah dan sayuran dapat membantu mengatur gula darah, yaitu yang merupakan kunci dalam pencegahan diabetes. Bagi orang yang hidup dengan diabetes, serat bisa mengubah dosis obat yang dianjurkan ( insulin ).

Itulah sebagian dari manfaat serat bagi kesehatan tubuh yang dapat kami sampaikan yang sebenarnya masih banyak lagi yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu karena sangat banyaknya manfaat dari serat itu sendiri.
Semoga apa yang kami tuliskan diatas dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih… :-)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes