Thursday 25 February 2016

Tahukah Kamu...? Ternyata Air Es Memiliki Manfaat Yang Menakjubkan Untuk Kulit.



Untuk perawatan wajah dari jerawat, air hangat berfungsi membuka pori-pori, membantu mengeluarkan kotoran dari dalam wajah saat sedang facial atau peeling. Cara ini mempermudah mengeluarkan kotoran sehingga tidak harus memencet dan menyakiti kulit. Dan ketika kotoran selesai dikeluarkan, tugas menutup pori digantikan dengan air dingin. Pori memang harus ditutup setelah terbuka, sehingga kotoran tidak masuk lagi. Air dingin juga membantu memperbaiki kondisi wajah berjerawat,
membuatnya lebih segar dan mengurangi peradangan. Oleh karena itu, cuci muka dengan air dingin jauh lebih disarankan ketimbang menggunakan air hangat.

Akan tetapi khasiat luar biasa es batu ini tentu saja tidak didapatkan sembarangan, pastikan es batu yang digunakan bukan yang terbuat dari air keran, sebaiknya es batu yang tak memiliki warna atau bening, jadi es batu tersebut tak mengandung zat kimia yang bisa berbahaya bagi tubuh maupun kandungan mikrobiologi berbahaya yang merugikan tubuh. 

Syarat selanjutnya, jangan langsung menggosokkan es batu ke kulit, pergunakan kain atau kapas untuk membungkus terlebih dahulu es batu yang akan kita gunakan ke kulit wajah, agar tidak merusak pembuluh kapiler, jangan juga menggosokkan terlalu kencang ke kulit.
Selain itu, pakailah metode perawatan es batu ini di pagi hari sebelum beraktivitas di luar, dan biarkan kulit yang telah digosokkan es batu, kering alami tanpa dikeringkan handuk. 

Nah, selain menggunakan es batu, Anda  juga bisa menggunakan air es. Caranya cukup siapkan semangkuk air es, lalu basuh wajah dengan air es tersebut di pagi hari. Basuh tiga kali, dengan waktu 10-30 detik. 

Berikut adalah beberapa cara serta manfaat dari air es/air dingin untuk kesehatan dan kecantikan kulit:

1.      Air dingin Vs sebum
Baik kulit wajah maupun kulit bagian lainnya dilindungi oleh minyak alami yang disebut sebum. Sebum ini bisa sangat kering kondisinya bila sering terpapar air hangat. Akibatnya kulit jadi sensitif, pori-pori besar dan tertutup oleh debu dan kotoran. Sedangkan air dingin akan memperbaiki penampilan kulit. Menjadikan kulit jadi bersinar, lebih sehat, kenyal, elastis, dan halus.

2.      Melembutkan, melembabkan kulit lebih lama, serta dapat mencerahkan bibir
Air dingin bermanfaat untuk membantu agar kulit lembab lebih lama. Berbeda dengan air hangat yang suhunya tidak sama dengan lingkungan, maka akan membuat kulit jadi semakin kering. Namun, apabila memang Anda gemar membilas wajah dengan air hangat, maka akhiri dengan air dingin sehingga kulit tidak kehilangan kelembabannya. Selain itu air es/dingin bisa membantu mencerahkan warna bibir dengan alami, es batu juga bisa dijadikan bahan alami efektif melembutkan bibir.

Metode penggunaannya yaitu:
·         Siapkan es batu secukupnya.
·         Kemudian usapkan es batu pada bibir.
·         Lakukan secara merata dan perlahan.
·         Lakukan hal ini secara rytin setiap hari

3.      Menghilangkan jerawat
Es batu dapat menghilangkan jerawat secara perlahan dan membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Selain itu, es batu juga membantu menyeimbangkan kelebihan kelenjar minyak sehingga dapat mengurangi timbulnya jerawat.

Caranya:
·         Bungkus es batu dalam kantong ziplock atau kapas atau kain.kemudian tahan di daerah yang berjerawat selama kurang lebih 10 menit.
·         Jika daerah yang digosokkan es batu tersebut menjadi mati rasa dalam beberapa menit, tunggu sebentar kemudian mulai lagi.
·         Lakukan metode ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Dengan metode ini, dipercaya dapat menyingkirkan jerawat dalam dua hari.


4.      Mencerahkan kulit
Air es juga dapat bermanfaat untuk membuat kulit menjadi lebih cerah alami.

Caranya:
·         Campurkan buah mentimun atau buah strawberry yang telah dihaluskan atau diblender dengan air.
·         Kemudian dinginkan hingga membeku.
·         Setelah membeku, oleskan pada kulit wajah setiap seminggu sekali.

5.      Mengecilkan pori-pori kulit
Es batu dapat memberikan sensasi dingin sehingga membuat pori-pori mengecil.

Caranya:
·         Setelah membersihkan wajah dengan air bersih.
·         Gunakanlah es batu pada kulit wajah agar pori-pori kulit mengecil.

6.      Membuat make up tahan lama
Manfaat es batu selain dapat mengecilkan pori-pori juga mengurangi wajah berminyak. Kulit wajah yang tidak berminyak dan memiliki pori-pori kecil tentu dapat membuat make up akan lebih tahan lama. Oleh sebab itu tidak jarang jika banyak perias wajah menyarankan untuk mengaplikasikan es batu pada kulit wajah sebelum mulai meriasnya.

Jika memakai make up setiap hari, lakukan tips berikut:
·         Siapkan setengah sendok teh minyak zaitun atau minyak lainnya yang baik untuk kecantikan, lalu bekukan menjadi es batu.
·         Usap wajah dan leher dengan es batu ini sebelum menggunakan make up.
·         Es batu tersebut, akan melembutkan dan menutrisi kulit, mempersiapkan kelancaran penggunaan make up, tanpa perlu menggunakan krim.

7.      Menghilangkan Rambut Wajah
Kadang wajah kita terdapat bulu-bulu halus. Di sinilah es batu berperan, karena dapat menghilangkan rambut halus yang tumbuh pada wajah. Namun cara ini tidak serta merta. Butuh proses yang panjang untuk benar-benar hilang. Sensasi dingin dari es batu membantu mematikan akar rambut.

8.      Mengatasi mata bengkak dan lingkaran hitam mata
Air es juga dapat membantu mengecilkan mata bengkak dan membuatnya tampak lebih cerah.

Caranya:
·         bungkus es batu menggunakan kain yang lembut
·         Letakkan es batu pada mata yang bengkak pelan-pelan pada pagi hari.
·         Lakukan secara rutin.

Jika anda memiliki lingkaran hitam atau mata panda di bawah mata, maka gunakan teh hitam yang telah dibekukan menjadi es batu dan gunakan dengan cara yang sama.

9.      Meningkatkan Sirkulasi Darah
Menggosok es batu di wajah akan meningkatkan sirkulasi darah. Pada akhirnya efektif untuk mencegah tanda-tanda normal dari penuaan. Gosokkan es batu di wajah selama satu menit, lalu akan ada cahaya alami pada wajah Anda. Lakukan hal ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

Kulit wajah yang mulus tanpa jerawat memanglah idaman setiap insan. Tapi apalah daya jika jerawat telah menyerang. Mungkin apa yang kami sampaikan di atas dapat bermanfaat bagi anda yang menginginkan kulit yang bersih, lembut, serta cerah alami..
sekian dari kami dan terima kasih…
:-)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes