Friday 12 February 2016

Tips Dan Cara Untuk Mengobati Jamur/Gatal pada Selangkangan




Penyakit gatal bisa menyerang siapa saja dan dimana saja, tak memandang apakah itu di leher, pipi, punggung, perut bahkan sampai di selangkanganpun bisa terkena penyakit gatal. Rasa gatal, meskipun penyakit ini terlihat sepele akan tetapi sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.  Terutama jika Anda mengalami gatal pada selangkangan, tentu akan terlihat tidak pantas jika Anda menggaruknya di tempat umum.
Gatal pada selangkangan/Tinea Crucis adalah infeksi jamur yang terjadi pada selangkangan. Terkadang kita pernah mengalami rasa gatal pada bagian selangkangan. gatal pada selangkangan ini dapat dialami oleh pria maupun wanita. Akan tetapi, pada umumnya yang paling sering mengalami hal ini adalah pria.
Cirri-ciri selangkangan yang gatal, biasanya tampak kemerahan atau tampak agak kehitaman dan  mengelupas. Selain itu, pada gatal selangkangan di bagian pinggir bisa tampak sebagaimana kulit yang lecet. Umumnya gatal selangkangan merupakan akibat dari infeksi jamur di bagian terluar dari kulit.
Kenapa infeksi jamur ini menyerang selangkangan…?
Jawabannya adalah karena selangkangan merupakan tempat yang lembab dan hangat yang sangat sesuai untuk infeksi jamur menyebar dan berkembang biak dengan cepat. Area lainnya yang menjadi tempat berkembangnya jamur dengan cepat, antara lain paha bagian dalam dan bokong. Infeksi jamur pada selangkangan juga tidak jarang disertai rasa nyeri. Bagi para penderita diabetes dan obesitas sebaiknya lebih berhati-hati. Karena mereka memiliki resiko lebih banyak untuk terkena infeksi jamur ini.
Penyebab lain dari gatal pada selangkangan adalah iritasi dari pakaian dalam yang terlalu ketat, infeksi bakteri pada vagina wanita, infeksi kulup pada pria akibat kurang bersih, kudis dan infeksi bakteri seperti Molluscum Contagiosum. bisa juga disebabkan karena alergi makanan yang dikonsumsi, pada umumnya seperti daging ayam, telur, udang, ikan laut seperti ikan tongkol dan lain-lain.
Bagi mereka yang aktif secara seksual, gatal pada selangkangan bisa terjadi akibat penyakit menular seksual seperti herpes genital, sifilis, infeksi kutu dan kutil.

Cara Mengobati gatal/jamur selangkangan
Timbulnya rasa gatal pada selangkangan sangatlah mengganggu dan membuat seseorang menjadi tidak nyaman. Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, setelah anda membaca artikel ni anda bisa melakukan beberapa cara mudah untuk menghilangkan gatal pada selangkangan.

1.      Menggunaka Krim Atau Bedak Anti Jamur 
Untuk mengatasi gatal pada selangkangan akibat jamur, dapat menggunakan krim atau bedak antijamur. Sebaiknya cuci bersih area yang terkena infeksi dengan sabun dan air sebelum Anda menggunakan krim atau bedak antijamur. Gunakan secara merata dan teratur.
Ikuti petunjuk pemakaian dengan tepat. Meski gejala mereda, jangan langsung menghentikan penggunaan krim atau bedak antijamur terlalu cepat. Tetap ikuti durasi penggunaan sesuai yang disarankan pada label produk.Ini supaya infeksi tidak kembali lagi.

2.      Menggunakan Daun Sirih
Selain untuk membersihkan daerah kewanitaan, daun sirih juga mempunya manfaat untuk menghilangkan gatal pada selangkangan. Caranya: Ambilah 10 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih, gunakan 5 lembar untuk digosok-gosokkan ke bagian yang gatal, dan 5 lembar sisanya direbus selama 2 sampai 5 menit. Penggunaannya cukup mudah, setiap 1 lembar daun sirih digunakan untuk 1 kali gosokan pada daerah yang gatal lalu buang daun sirih-daun sirih yang telah dipakai kemudian ganti daun sirih yang baru dan begitu seterusnya. Setelah itu, cucilah bagian selangkangan anda dengan menggunakan air rebusan daun risih tersebut. Hal ini dilakukan agar rasa gatal diselangkangan benar-benar merasa hilang secara perlahan.

3.      Menggunakan Asam Gelugur dan Asam Kendis 
Asam gelugur dan asam gendis mempunyai manfaat untuk mengatasi pertumbuhan jamur pada selangkangan anda. Cara mengkonsumsinya adalah, ambilah asam gelugur atau asam kendis yang masih cokelat secukupnya. Rebuslah campuran air dengan asam tersebut hingga 5 sampai 10 menit. setelah itu balurkan ramuan tersebut pada selangkangan. Lakukan pengobatan tradisional ini 2 sampai 3 kali sehari secara rutin.

4.      Menggunakan Daun Kecubung dan Minyak Kelapa 
Bahan yang dibutuhkan adalah 25 gram daun kecubung dan minyak kelapa secukupnya. Cara penggunaannya adalah dengan menumbuk daun kecubung sampai halus lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Setelah itu, ramuan tersebut dipanaskan hingga 2 sampai 5 menit. Ketika masih hangat, oleskan ramuan tersebut pada selangkangan. lakukan 2 sampai 3 kali sehari secara rutin.

5.      Menggunakan Bayam Duri 
Cara penggunaannya, ambilah 5 sampai 10 lembar daun bayam duri yang telah dicuci bersih lalu potong menjadi beberapa bagian. Rendamlah bayam tersebut dengan menggunakan air bersih. kemudian rebus bayam hingga 10 sampai 15 menit dan tambahkan sedikit garam lalu aduk hingga merata. Gunakan air rebusan ketika masih hangat untuk mengompres bagian selangkangan.

6.      Menggunakan Lengkuas, Bawang Putih dan Cuka 
Beberapa bahan yang digunakan yaitu lengkuas, bawang putih dan cuka secukupnya. Cara penggunaannya adalah cucilah lengkuas dan bawang putih hingga bersih, lalu giling sampai halus dan tambahkan cuka. Setelah bahan-bahan tersebut tercampur seperti lulur, oleskan secara merata pada selangkangan.

7.      Pergi Ke Dokter
Meski gatal selangkangan akibat jamur tidak berbahaya, namun ada beberapa kondisi yang mengharuskan Anda segera menemui dokter, seperti:
·         Gatal tidak membaik dalam waktu dua minggu, bahkan setelah menggunakan krim atau bedak antijamur.
·         Gatal pada selangkangan terjadi secara berulang-ulang.
·         Infeksi tampak makin parah.

Untuk mengetahui lebih lanjut, dokter bisa melakukan pemeriksaan disertai pengambilan sampel kulit di area yang bermasalah.

Upaya Yang Dapat Dilakukan Untuk Pencegahan
Menjaga area selangkangan tetap bersih dan kering merupakan salah satu kunci untuk mencegah infeksi jamur. Keringkan dengan seksama setelah Anda mandi. Selain itu beberapa upaya lain yang dapat anda lakukan adalah:
  • Jangan berbagi baju atau handuk dengan orang lain.
  • Hindari terlalu lama mengenakan pakaian atau celana lembap atau basah, misalnya setelah Anda berolahraga atau berenang.
  • Pilih pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun.
  • Jangan gunakan pakaian dalam atau celana yang terlalu ketat.
  • Segera cuci pakaian, pakaian dalam, kaus kaki, atau handuk tiap kali setelah dipakai.
  • Ketika berada di kamar mandi jangan gunakan sabun yang digunakan untuk umum, gunakan alas kaki.
  • Hindari penyebaran infeksi jamur dari kaki ke area lain, termasuk selangkangan. Keringkan bagian kaki dengan handuk pada bagian akhir setelah selesai menggunakannya pada tubuh. Lalu gunakan kaus kaki sebelum anda mengenakan celana, untuk meminimalisasi penularan.
  • Gunakan kondom ketika berhubungan intim dengan orang yang tidak diketahui riwayat seksualnya.
  • Ketika berbelanja untuk pakaian dalam dan renang, hindari untuk mencobanya secara langsung. Cuci terlebih dahulu sebelum memakai pakaian dalam dan renang yang baru dibeli.
  • Lebih rajinlah untuk membersihkan bagian selangkangan setiap hari dan keringkan sebelum memakai pakaian dalam.
  • Jangan menggunakan handuk atau pakaian secara bergantian dengan orang lain dan gantilah pakaian dalam setiap harinya. 
  • Jangan sering menggunakan pakaian yang teralu ketat.Rajin mandi menggunakan sabun Antiseptic.
  • Periksa apakah ada infeksi jamur atau kutu air dari kaki. Hal tersebut perlu diperhatikan karena berisiko penyebaran jamur ke bagian selangkangan.
Meski gatal pada selangkangan ini sangat mengganggu mengganggu. Tapi jika anda sudah terlanjur mengalami gatal selangkangan, anda tidak perlu merasakan kekhawatiran yang berlebihan. Karena di zaman ilmu kedokteran/medis yang sudah maju ini telah banyak ditemukan obat-obat yang dapat menyembuhkan penyait itu. Akan tetapi alangkah baiknya jika sebelum anda menggunakan dan mengkonsumsi obat-obatan kimia, cobalah untuk memanfaatkan bahan tradisional untuk mengatasi pertumbuhan jamur dan menghilangkan rasa gatal pada selangkangan. Dan jangan lupa untuk selalu mengutamakan kebersihan diri, selain memberikan pengobatan yang tepat, karena mencegah itu lebih baik daripada mengbati.
Demikianlah beberapa cara mudah untuk menghilangkan gatal pada selagkangan yang dapat kami sampaikan.Terimakasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba… :-)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes