Tuesday 2 February 2016

Berbagai Macam Manfaat Alpukat untuk Kesehatan & Kecantikan



Indonesia adalah Negara yang sangat subur. Dengan tingkat kesuburannya yang begitu mengagumkan, Indonesia mampu menghasilkan berbagai macam buah-buahan, salah satunya adalah buah alpukat dengan manfaat yang sangat banyak. Makanan sehat merupakan asupan penting bagi tubuh. Mengkonsumsi buah-buahan sangat diperlukan demi menjaga keseimbangan badan. Salah satunya adalah Buah Alpukat. Buah Alpukat merupakan salah satu buah kaya manfaat yang kebanyakan orang belum mengetahuinya. Buah Alpukat tidak hanya bisa diambil kelezatannya saja. Buah alpukat ternyata juga mengandung lemak tinggi, tetapi lemaknya termasuk dalam kategori lemak yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan berguna untuk kecantikan. Apa sajakah rahasia dibalik buah alpukat ini? Mari kita simak penjelasan yang akan kami ulas dibawah ini:


Manfaat Alpukat untuk Kesehatan:

1.      Meningkatkan Kesehatan Mata
Cobalah Anda melindungi kesehatan mata dengan mengonsumsi beberapa potong Buah Alpukat saat makan siang atau makan malam. Buah Alpukat kaya akan Lutein dan Zeaxanthin, antioksidan yang ditemukan dalam retina. Kedua antioksidan ini berfungi menjaga kesehatan mata dan mencegah gangguan mata terkait penuaan, seperti katarak dan macular degeneration.

2.      Mencegah Kanker
Sebuah penelitian menemukan, ekstrak Buah Alpukat bisa membunuh atau menghentikan pertumbuhan sel-sel pra kanker yang memicu kanker mulut. Ekstrak ini juga diyakini mempunyai efek yang sama terhadap tipe kanker lainnya. Manfaat ini, menurut peneliti, disebabkan oleh kandungan folat, vitamin C dan E dalam Buah Alpukat.

3.      Menguatkan Penyerapan Nutrisi
Sebuah studi dari The Ohio State University menemukan bahwa orang-orang bisa menyerap Lycopene (dari tomat) 4,5 kali lebih banyak saat ditambah Buah Alpukat. Lemak baik dari Buah Alpukat, menurut peneliti, membantu menyerap lebih banyak nutrisi.

4.      Sumber Lemak Sehat
Cobalah Anda mengganti krim berlemak dengan daging Buah Alpukat. Setiap satu ons Buah Alpukat mengandung empat gram lemak tunggal tak jenuh. Lemak baik ini berfungsi menurunkan kadar kolesterol dan baik untuk jantung. Selain lemak baik, setiap satu ons Buah Alpukat mengandung dua gram serat dan satu gram protein. Kandungan ini membuat Alpukat sangat cocok sebagai pengganti sumber lemak lain yang tidak sehat.

5.      Mengurangi Kadar Gula Bagi Penderita Diabetes
Buah alpukat juga bisa digunakan untuk mengurangi kadar gula bagi penderita diabetes. Karena dalam buah alpukat ini hanya mengandung sedikit kadar gula. Jadi bagi penderita diabetes tetap dapat mengkonsumsi buah ini tanpa khawatir akan diabetesnya.

6.      Menyembuhkan Peradangan Sendi
Manfaat buah alpukat yang berikutnya adalah mengurangu gangguan peradangan pada sendi. Sebab dalam buah ini mengandung lemak tak jenuh, vitamin C, vitamin E, dan pitosterol yang dapat membantu dalam mengurangi berbagai macam peradangan pada tubuh.

7.      Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Buah alpukat juga dapat meningkatkan antibody atau kekebalan tubuh. Dikarenakan buah alpukat adalah buah yang berfungsi sebagai sumber vitamin C yang baik. Vitamin C merupakan vitamin yang mampu membuat tubuh anda tak mudah diserang oleh penyakit. Baik itu penyakit musiman atau penyakit karena cuaca yang tak menentu.

8.      Mencegah stroke
Alpikat juga bermanfaat sebagai pencegah stroke. Karena dalam buah alpukat terkandung vitamin E yang berfungsi untuk menurunkan oksidasi kolesterol, dan dapat menghindarkan seseorang dari serangan penyakit stroke.

9.      Manfaat untuk Kehamilan
Alpukat adalah sumber alami folat, dimana sangat penting bagi perkembangan janin yang sehat. Versi sintesis folat direkomendasikan untuk semua wanita yang berencana mau hamil. Makan buah alpukat adalah pilihan yang tepat, enak dan alami.

10.  Sebagai Sumber Serat Yang baik
Alpukat mengandung serat. Baik larut dan tidak larut. Hal ini berarti juga bahwa buah alpukat juga membantu mengurangi kadar kolesterol dengan cara mencegah penyerapan kembali oleh tubuh. Membantu mempertahankan fungsi usus dan dapat mencegah lonjakan gula darah setelah makan.


Manfaat Alpukat untuk Kecantikan:

1.      Membuat Kulit Wajah Lebih Kencang
Buah alpukat bisa juga bisa diambil manfaatnya sebagai pengencang kulit wajah. Carannya dengan mengolah buah ini menjadi masker wajah. Lemak tak jenuh merupakan kandungan dari buah alpukat yang memiliki fungsi untuk menjadikan kulit lebih lembut dan halus. Karena kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah alpukat akan membantu dalam merangsang regenerasi dari sel kulit, oleh karena itu kerutan-kerutan pada wajah akan sirna, kulit menjadi lebih kencang dari sebelumnya.

2.      Sebagai pembersih wajah
Resep ini untuk membersihkan pori-pori kulit dan membebaskan kulit  dari kotoran dan kelebihan minyak . Untuk membuat pembersih wajah dengan alpukat, Anda bisa menambahkan satu kuning telur, setengah cangkir susu, dan setengah alpukat.

Pertama-tama kocok telur sampai berbusa, dan kemudian tambahkan daging alpukat halus dan susu. Aduk capuran hingga rata seperti lotion. Gunakan campuran ini untuk membersihkan wajah Anda secara teratur. Hal ini akan menghilangkan racun berbahaya dari kulit Anda dan membuatnya menjadi tampak lebih muda dan bercahaya.

3.      Untuk masker kulit berminyak :
Untuk membuat masker alpukat, Anda membutuhkan lemon, putih telur dan setengah daging alpukat. Lemon berguna sebagai astringent alami dan mengontrol produksi minyak oleh kulit,  sedangkan telur untuk memutihkan dan memelihara kulit dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Sementara itu minyak alpukat untuk menyeimbangkan campuran.

Cara membuat paket masker ini, alpukat, telur, air lemon, dan putih telur blender menjadi satu hingga menjadi pasta halus. Gunakan masker ini untuk kulit Anda selama dua puluh menit sebelum dibilas dengan air hangat.

4.      Dapat Menghilangkan Jerawat
Alpukat sering digunakan untuk mengobati jerawat. Cara memanfaatkan alpukat untuk wajah berjerawat sangat mudah. Cukup dengan menghaluskan alpukat hingga membentuk bubur, ambil secukupnya, lalu oleskan di wajah sebagai masker hingga merata. Tunggulah sekitar 15-30 menit, lalu basuh dengan air dingin. Lakukan teratur 1-3 kali dalam satu minggu. Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah secara teratur setiap hari dan menghindari makanan fast food (makanan cepat saji) atau junk food, karena makanan tersebut mengandung kolesterol dan minyak jahat.

Itulah berbagai macam manfaat mengagumkan dari buah alpukat untuk kesehatan dan kecantikan yang dapat kami sampaikan untuk anda. Semoga apa yang telah kami sampaikan di atas dapat bermanfaat untuk anda. Terima kasih… :-)



0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes