Wednesday 3 February 2016

Gejala-gejala Akan Menstruasi & Cara Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi




Nyeri saat haid adalah hal yang sangat menyakitkan bagi seorang wanita, kelelahan, depresi, marah-marah adalah luapan emosi atas rasa sakit yang merekarasakan. Tetapi anda tidak perlu mengkhawatirkan gejala tersebut, karena itu merupakan gejala normal dari serangkaian Premanstrual Syndrome atau PMS.  Penyebab PMS diduga karena adanya faktor hormonal yaitu terjadi karena tidak sempurnanya proses
ovulasi yang diakibatkan tidak seimbangnya hormon. Bisa saja penyebab ketidakseimbangan hormon estrogen dan progesteron atau dapat juga disebabkan karena estrogen dominan yang berlebih yang berasal dari luar tubuh.

Rasa nyeri saat sedang haid terkadang memang tidak dapat dihindari. Cara paling sederhana yang ditempuh kebanyakan wanita adalah dengan meminum obat pereda nyeri yang dijual bebas semacam kiranti dan lainnya. Namun, sebagian lain dari wanita yang tidak terbiasa meminum obat pereda nyeri terpaksa mau tidak mau harus merasakan rasa nyeri haid dengan meringkuk sepanjang waktu diperlukan.

Akan tetapi anda para wanita tidak perlu khawatir, karena disini kami akan memberikan beberapa saran medis untuk mengatasi dan mencegah nyeri haid yang mengganggu tanpa meminum obat anti-nyeri. Berikut ulasannya:

Gejala-gejala yang mungkin terjadi pada saat anda akan mengalami menstruasi, yaitu:

1.      Payudara nyeri dan mengalami bengkak
Banyak wanita yang mengeluhkan rasa nyeri pada payudara mereka menjelang menstruasi. Bahkan, tekanan lembut pada payudara bisa menimbulkan rasa sakit yang luar biasa.

2.      Mengalami sakit kepala/pusing
Sebelum menstruasi, sebagian wanita merasakan rasa sakit di kepala dan rasa malas yang muncul begitu saja. Itu tentu terjadi secara alami.

3.      Sakit punggung
Kram menstruasi akan dirasakan sebelum menstruasi dimulai. Wanita akan merasakan rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh, termasuk punggung, paha dalam dan perut.

4.      Sekresi serviks
Kebanyakan wanita akan mendapatkan sekresi serviks yang berupa cairan seperti susu berwarna putih yang biasanya terjadi satu atau dua hari sebelum menstruasi.

5.      Suasana hati yang tidak menentu (depresi)
Perubahan suasana hati sering dialami oleh wanita menjelang menstruasi. Anda tiba-tiba akan merasa sangat sedih atau senang tanpa alasan yang jelas. Bahkan tak jarang, perasaan sensitif itu membuat wanita merasa mudah marah.

6.      Ngidam
Ngidam tidak hanya terjadi saat kehamilan saja, tetapi juga saat menjelang menstruasi. Tanpa alasan jelas, Anda akan merasa sangat ingin makan sesuatu serta mengalami lonjakan nafsu makan yang tidak biasa.

7.      Kelelahan
Banyak wanita menderita kelelahan dan kemalasan sebelum menstruasi datang. Merasa malas dan mengantuk? Ini merupakan tanda Anda akan mendapatkan menstruasi.

8.      Nyeri pada perut bagian bawah

Adapun cara-cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan rasa nyeri saat haid adalah sebagai berikut :

1.      Mengkonsumsi makanan sehat
Perbanyak makanan yang mengandung kalsium, magnesium, vitamin D, vitamin E dan omega 3. Mengkonsumsi buah dan sayur aneka warna, ikan,labu dan juga makanan yang banyak mengandung protein nabati.

2.      Mengkompres perut
Ada dua cara dalam melakukan pengompresan, yaitu:
Kompres hangat:
·         Dilakukan dengan menempelkan kantong karet yang sudah diisi dengan air hangat sebelumnya, atau menempelkan handuk yang telah direndam di dalam air hangat ke bagian tubuh yang nyeri.
·         Untuk kompres air hangat dapat diikuti dengan latihan pergerakan atau pemijatan.
·         Dampak fisiologis dari kompres hangat adalah membuat otot tubuh lebih rileks karena peningkatan suhu pada area tertentu membantu proses vasodilatasi (pelebaran pembuluh darah) sehingga memperlancar peredaran darah. Dengan demikian dapat menurunkan atau menghilangkan rasa nyeri.

Kompres dingin:
·         Kantong karet kompres dapat diisi juga dengan air dingin berisi es. Atau pada beberapa apotik besar sudah banyak yang menjual kantong berisi es batu (cold pack). Atau Anda bisa juga menempelkan handuk yang sudah dicelupkan ke dalam air dingin sebelumnya.
·         Dampak fisiologisnya adalah vasokonstriksi (pembuluh darah penguncup) dan penurunan metabolik, membantu mengontrol perdarahan dan pembengkakan karena trauma, mengurangi nyeri, dan menurunkan aktivitas ujung saraf pada otot.

Melakukan kompres harus hati-hati karena dapat menyebabkan jaringan kulit mengalami nekrosis (kematian sel). Untuk itu dianjurkan melakukan kompres dingin tidak lebih dari 30 menit.

3.      Berbaring/atur posisi paling nyaman
Anda bisa mencoaba berbaring di tempat tidur ataupun sofa untuk mengurangi rasa nyeri. Biasanya anda akan merasakan nyeri saat menstruasi pada bagian punggung . Dengan cara berbaring anda akan meredakan rasa nyeri. Gunakan bantal untuk menyangga lutut dan ambil nafas panjang perlahan buang. Lakuakan hingga anda merasa nyaman.

4.      Melakukan pemijatan lembut
Pemijatan ringan dapat dilakukan pada bagian perut bawah secara merata dan tulang pinggang . Lakukan pemijatan dengan gerakan memutar dan ringan dengan menggunakan ujung jari. Lakukakan juga pemijatan secara hati-hati pada otot sekitar pusar dengan cara mencubit . Anda juga bisa menyempurnakan pijatan ringan di sebelah otot bagian dalam tulang kering dari atas sampai bawah.
·         Gunakan minyak bayi atau krim untuk membantu pemijatan.
·         Lakukan gerakan memijat dengan tenaga secukupnya dengan tidak terlampau kuat, searah jarum jam.
Fungsi dari minyak bayi atau krim dapat juga sekaligus sebagai aroma-therapy membuat efek relaksasi dan meringankan beban nyeri yang Anda rasakan.
5.      Olahraga ringan
Dengan melakukan olahraga ringan anda bisa membantu meringankan nyeri haid, seperti dengan berjalan kaki. Dengan  anda melakukan jalan kaki dapat membuat gerakan otot sehingga dapat meningkatkan denyut jantung, bisa anda lakukan selama 30 menit secara teratur . Jogging/lari kecil juga bisa menjadi alternatif untuk anda meringankan nyeri haid. Dengan jogging/lari kecil anda dapat memperlancar aliran darah sekaligus untuk  meningkatkan metabolisme tubuh. Alternatif lainnya yaitu yoga. Dengan yoga anda dapat mengatur pernapasan saat menstruasi selain itu juga olahraga ringan seperti yoga dapat membuat anda rileks serta meningkatkan sirkulasi darah.

6.      Minum Jamu
Obat tradisional sering digunakan dalam mengatasi nyeri haid. Anda bisa menggunakan ramuan dengan mencampurkan 15-30 gram daun dewa dengan 20 gram kunyit kemudian direbus dengan 600 cc air. Sisakan setengahnya kemudian disaring dan airnya dapat diminum 2 kali sehari.

7.      Konsultasikan kepada dokter
Pilihan ini bisa menjadi alternatif terakhir anda. Disarankan untuk anda berkonsultasi dengan dokter. Meskipun pada umumnya wanita yang mengalami menstruasi akan merasakan nyeri tetapi jika nyeri tidak hilang dan sangat mengganggu bisa jadi awal adanya gejala masalah pada alat reproduksi. Sehingga pemeriksaan dokter akan membantu anda untuk mengetahui lebih awal dan memberikan penanganan yang tepat.

Itulah gejala-gejala yang mungkin anda rasakan saat akan mengalami menstruasi dan cara-cara untuk mengatasi nyeri ketika mentruasi. Semoga apa yang telah kami tuliskan diatas dapat  bermanfaat bagi anda. Tetap semangat meskipun rasa nyeri saat menstruasi menyerang anda. Sekian dan terimakasih… :-)

0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes